Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Kota Pekalongan Terima Penghargaan atas Keberhasilan Integrasi Perencanaan dan Penganggaran dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah

18-10-2019 06:54:42

Pemerintah Kota Pekalongan menerima apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri RI atas keberhasilan Pemerintah Kota Pekalongan mengintegrasikan perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik ke dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Walikota Pekalongan yang diwakili oleh Asisten 3 Sekda Kota Pekalongan drg. Agust Marhaendayana, M.M. menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahyo Kumolo. Penyerahan penghargaan menjadi bagian dalam pembukaan Sosialisasi Permendagri No 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah di Jakarta, Selasa (15/10/2019). Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua KPK RI Agus Rahardjo, Kepala BPS, pejabat Kemendagri RI, para Sekda, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Inspektur, Karo Hukum, dan Karo Pemerintahan Provinsi atau yang mewakili; serta Sekda, Kepala Bappeda, dan Kepala BPKAD Kab/Kota atau yang mewakili.

Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) merupakan integrasi sistem yang dibangun oleh Kemendagri sebagai portal terpadu 4 sektor tata kelola pemerintahan yaitu e-Planning, e-Budgeting, e-Reporting dan e-Sakip.

Pemerintah Kota Pekalongan telah mengintegrasikan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL) dengan SIPD Kemendagri. Dengan demikian semua tahapan proses dalam SIMRAL akan terupdate dalam SIPD Kemendagri sebagai bentuk transparansi proses perencanaan.
SIMRAL dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di empat sektor tata kelola pemerintahan. Kerjasama dengan BPPT RI dalam membangun aplikasi SIMRAL telah dimulai sejak tahun 2013, dan sampai dengan saat ini terus dilakukan penyempurnaan dalam aplikasi SIMRAL.

Saat ini, SIMRAL di Kota Pekalongan telah menjangkau seluruh komponen SAKIP secara terintegrasi. Sejak perencanaan, penganggaran, tata kelola keuangan, pengendalian, evaluasi kinerja dan keuangan, serta pelaporan. Dengan menggunakan SIMRAL, telah memungkinkan satu kali input untuk satu transaksi di salah satu tahapan untuk digunakan di seluruh tahapan.

Dengan penghargaan ini, Pemerintah Kota Pekalongan dinilai Kemendagri telah mendukung penuh pemanfaatan teknologi informasi untuk memastikan akuntabilitas, ketepatan, dan kecepatan baik dalam pengambilan keputusan perencanaan maupun dalam pelayanan kepada masyarakat.

Penghargaan SIPD Kota Pekalongan