Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Pengembangan dan Peningkatan Sistem Informasi Iptek Nasioal (SIIN) dan SDM

23-09-2015 08:14:18

Kesepakatan bersama antara Kementerian Riset dan Teknologi dengan Universitas Gunadarma tentang: ”Pengembangan dan Peningkatan Sistem Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nasional (SIIN) dan SDM, dilakukan pada tanggal 1 September 2014 di Universitas Gunadarma, Depok. Tujuan kesepakatan bersama ini secara umum adalah untuk meningkatkan serta mengembangkan data, informasi iptek dan sumber daya manusia. Kesepakatan bersama ini ditandatangani oleh Hari Purwanto,  Sekretaris Menteri Riset dan Teknologi bersama E.S. Margianti, Rektor Universitas Gunadarma.


Dalam sambutannya, Hari Purwanto menekankan bahwa salah satu faktor yang dapat menghambat upaya pengembangan iptek di Indonesia adalah data dan informasi iptek yang masih tersebar di masing-masing institusi, tidak akurat dan reliable. Selain itu, sulitnya mengakses data dan informasi iptek dapat menyebabkan terjadinya tumpang tindih penelitian, lemahnya perencanaan kebijakan riset dan sinergi penelitian. Adanya Sistem Informasi Iptek nasional (SIIN) ini dapat meningkatkan dan mengembangkan manajemen data dan informasi iptek melalui interoperabilitas, meningkatan kapabilitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang teknologi informasi.


E.S. Margianti, menyampaikan bahwa Universitas Gunadarma sebagai salah satu lembaga pendidikan siap berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintah yang searah dengan peningkatan sumber daya manusia menuju era globalisasi khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).


    Acara tersebut dihadiri pula oleh Asisten Deputi Data dan Informasi Iptek, Pembantu Rektor I, Kepala Koordinator Kerjasama Luar Negeri–Incubator Business dan dosen Universitas Gunadarma, Kepala Bidang Industri, Kepala Bidang Perguruan Tinggi dan Lemlitbang, Staf-Asdep Data dan Informasi, Kepala Sub Bidang Perjanjian dan Kontrak Biro Hukum dan Humas, Kepala Sub Bidang Industri Kecil Menengah dan Koperasi Asdep Sarpras-Kementerian Riset dan Teknologi. (AD4-Dep2/humasristek-ristek.go.id).